#wisata

13 Momen Perjalanan Klasik

Ke Mana Pun Kita Pergi, Kita Mengalami Momen Ikonik yang Sama

13 Momen Perjalanan Klasik

Ke mana pun kita pergi, memori perjalanan kita cenderung berkutat seputar peristiwa arketip yang menyentuh hampir semua budaya. Ada perjalanan Sebagian perjalanan pahlawan, berwisata adalah soal pergi dan pulang dengan kenangan dan kisah yang menegaskan siapa kita. 

1. Anda berangkat begitu awal seperti mimpi

Foto oleh Bob Jagendorf

Salah satu kehebatan berwisata adalah mudahnya kebiasaan dan rutinitas kita sehari-hari. Terkadang memulai perjalanan pagi-pagi sekali, pergi dari rumah tidak seperti biasanya, melihat hal yang biasanya tidak pernah Anda jumpai: Momen ini serasa mimpi, seperti sudah jadi kenangan meskipun sedang Anda rasakan.

2. Anda mulai merasa epik

Foto oleh Benson Kua

Setelah berada di pesawat dan mengudara ada perasaan epik nan alami. Bagian menakjubkannya adalah ada begitu banyak orang — dari mekanik pesawat sampai pengatur lalu lintas udara hingga teknisi dan karyawan pelayanan — di depan maupun di belakang layar, yang menjadikan momen berangkat ini mulus. Sama menakjubkannya adalah bergerak di ketinggian ribuan kaki dari bumi.

3. Anda mendapat teman

Foto oleh Beraldo Leal

Salah satu momen berwisata paling menyenangkan adalah mendapat teman. Untuk pelancong muda ini seringkali di penginapan atau perkemahan atau lewat couchsurfing. Sebagian cara mendapat teman adalah lewat bahasa tubuh, tatapan khusus di mata, onda dalam bahasa Spanyol. Keinginan bersama dengan orang lain dan berbagi pengalaman Anda dengan mereka.

4. Anda merasakan obrolan yang begitu mengasyikkan dalam hidup Anda dengan orang asing yang belum tentu akan bertemu lagi

Foto oleh Jesslee Cuizon

Mengobrol dengan orang asing dapat menjadi pengalaman menawan tak terlupakan saat Anda tidak mencemaskan cara Anda memperkenalkan diri dan dengan demikian sesuatu yang spontan dan tulen timbul.

5. Anda sampai di tempat yang belum pernah terbayang sebelumnya

Foto oleh M. Lazarevski

Berwisata biasanya seputar tujuan sasaran, katakanlah Corfu, Yunani. Tapi selalu ada serangkaian kejadian tak terduga — ajakan teman baru untuk menumpang perahu ke Lefkada — menuju tempat yang berkebalikan dari perkiraan Anda.

6. Anda merasa sangat kesepian

Photo by Tony Hisgett

Meskipun bertemu teman baru dan mengunjungi tempat baru, bepergian lama dan keasyikan selalu menimbulkan rasa kesepian. Terkadang kita terkenang lagi pada rumah yang lama kita tinggalkan atau anggap biasa saja.

7. Anda ngeri sendiri

Foto oleh Jon Rawlinson

Tidak harus lompat dari tebing. Ada berbagai momen menggetarkan hati selama perjalanan. Supir bus di Brasil yang berbelok tajam sehingga rodanya terangkat atau tiba-tiba bangkit dari kursinya menghadap 200 orang dan bernyanyi \"Maggie May.\" Jika Anda tidak ngeri sendiri selama beberapa kali dalam perjalanan, Anda tidak sedang bepergian.

8. Anda sadar mulai mengenal tempat ini

Foto oleh Armando Maynez

Lalu datanglah momen itu, katakanlah, duduk di sore hari yang cerah di plaza Calle Defensa setelah dua minggu di Buenos Aires, saat tiba-tiba Anda tersadar setelah beberapa hari jalan-jalan Anda merasa langsung akrab dengan tempat ini dan kelembutan.

9. Anda diingatkan kalau masih ada kemiskinan di mana-mana

Foto oleh Nathan Hayag

Bisa jadi Toronto, kota kecil di Patagonia atau jalanan San Francisco. Perasaan membubung tinggi saat bepergian selalu kembali ke bumi di setiap perjalanan karena selalu ada pengingat masih ada orang lain yang kurang beruntung.

10. Anda mengamati cara hidup yang tidak Anda mengerti

Foto oleh Graeme Law

Selain mendapati kaum papa, terkadang momen paling menyentuh dalam perjalanan kita adalah saat melihat orang tinggal di tempat atau cara yang tidak mudah kita pahami, seperti permukiman kumuh di TPA di Ica, Peru.  

11. Anda merasa semua serba kabur

Foto oleh Robert S. Donovan

Setelah cukup terbang dan transit dan terbang lagi serta naik bus dan menginap di hotel dan bolak-balik dan membaca peta, perjalanan mulai terasa seperti berada di ruang waktunya sendiri, kabur dan tak berbatas.

12. Anda mendengar musik terbaik dalam hidup Anda

Foto oleh Christian Holmér

Terkadang terasa menguras energi saat melihat band yang populer dalam budaya berbeda; lain waktu musisi jalanan begitu menghibur, meskipun irama mereka tidak mengenalnya, namun itu menggambarkan pengalaman Anda begitu sempurna saat itu.

13. Anda bertemu seseorang yang menyakiti hati Anda

Foto oleh Ariadna Bruna

Mungkin tidak terjadi di setiap perjalanan, tapi bagi mayoritas pelancong yang cukup lama bepergian ada hubungan romantis di perjalanan, ada yang nyaris, cinta bertepuk sebelah tangan, ada yang berbalas, ada gagal total. Apa pun itu, sebagian besar tetap dikenang.




Pinterest Tumblr

David Miller

David Miller adalah Editor Senior Matador (pemenang penghargaan Lowell Thomas tahun 2010 dan 2011 untuk jurnalisme wisata) dan Kepala Kurikulum di MatadorU.
Baca Selengkapnya

Manakah dari momen tersebut yang Anda alami saat bepergian?



Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.