#wisata

Bersama Wild Ride

Cheetah bergabung dengan Karavan Safari

Bersama Wild Ride

Sebagai fotografer alam liar, bepergian ke safari adalah salah satu keistimewaan pekerjaan ini. Ini sesuatu yang selalu saya tunggu-tunggu — berada di alam liar, dekat dengan alam, adalah saat yang istimewa. Safari saya tahun ini juga sama.

Binatang tidak dapat diprediksi, jadi Anda harus selalu siap untuk segalanya, dan tahun ini seekor cheetah yang diberi nama Malaika memberi kami kenangan yang tak akan saya lupakan.

Tidak seperti kebanyakan permainan, saya memutuskan untuk memaksimalkan waktu saya di luar, kendaraan saya akan meninggalkan kemah pada jam 6 pagi dan tidak akan kembali hingga matahari terbenam. Ini memberi saya waktu 12 jam penuh di padang rumput.

Biasanya, saya tidak akan berharap untuk melihat banyak hal sepanjang tengah hari karena hari sangat panas dan sebagian besar binatang berteduh dan menunggu. Namun cheetah adalah pemburu siang hari. Hari mungkin panas, tapi mereka tetap mencari mangsa yang lalu lalang untuk mereka kejar.

Pada umumnya, Anda biasanya akan melihat cheetah duduk-duduk di atas gundukan kecil di rerumputan karena dapat memberinya tambahan ketinggian untuk dapat melihat mangsa lebih dulu dan melancarkan sergapan. Tapi satu hari, sepasang cheetah merasa kendaraan bisa menjadi tempat tinggi yang lebih baik.

Itu kira-kira jam makan siang. Kami sedang berkendara di sekeliling untuk mencari seekor induk dan tiga anak cheetah yang kami lihat sebelumnya hari ini saat salah satu anak cheetah melompat ke dalam kap mesin 4x4. Dia diam di sana selama kurang-lebih lima detik sebelum merasakan logam itu terlalu panas dan melompat mundur. Sayangnya, saudara dan ibunya memutuskan untuk berteduh dan pergi serta bersembunyi di rerumputan tinggi di balik tunggul pohon. Jadi kami bergerak, mencari Malaika. Dari semua cheetah di Maasai Mara, Malaika adalah salah satu dari yang paling dikenal karena memanjat ke mobil.

Setelah sekitar 20 menit berkendara sepanjang Mara, kami mendatanginya dengan anak cheetah yang duduk di rumput tinggi. Kami berhenti dan bersiap untuk menunggu dan bersabar. Kami tidak perlu menunggu lama. Dalam waktu sekitar tiga menit, Malaika memutuskan kendaraan tampaknya tempat yang nyaman untuk duduk dan dia berjalan kembali. Dalam sekejap mata, dia sudah berada di atas 4x4, bertengger di rangka bodi. Dua menit kemudian, anak cheetahnya berpikir dia akan bergabung juga, jadi sekarang kami punya dua cheetah, satu seekor induk yang sudah dewasa dan satunya lagi jantan berusia tujuh bulan, bergelayutan di kendaraan kami sambil memandangi cakrawala.

Setelah sekitar 15 menit cheetah tersebut tampak menyenangkan dan bersantai dan saya kira saya punya sedikit kebebasan untuk berkeliling tanpa menakuti mereka. Jadi saya keluar dengan reflektor 1m saya. Saat ini reflektor bukan sesuatu yang biasa Anda gunakan dengan binatang liar seperti kucing besar karena mereka cenderung terlalu jauh, namun ini tampaknya sayang jika kesempatan ini hilang dan saya tidak ingin berisiko menggunakan lampu blitz yang akan menakuti mereka. Saya mulai memotret, pertama dengan reflektor di salah satu ujung kendaraan sebelum perlahan membawanya mendekat sampai jaraknya tidak sampai satu meter dari Malaika, sehingga cahaya terisi dengan hangat dan cantik yang membantu saya menyeimbangkan langit cerah di belakang.

Setelah sekitar dua jam memotret saat cheetah bergerak ke atap, mereka menemukan kawanan dari kejauhan dan melompat ke bawah untuk menyelidiki lebih dekat. Mereka meninggalkan saya dan tiga rekan saya di 4x4, dengan pengalaman yang sepertinya tidak akan terulang dan kenangan itu akan lekang seumur hidup. Itu juga pengalaman pembelajaran. Sepanjang waktu yang saya habiskan bersama mereka, walaupun dalam jarak 30cm dari mereka tanpa pemisah di antara kami, tidak ada gunanya saat saya merasa terancam atau dalam bahaya. Jauh dari bayangan akan kucing besar yang menakutkan, mereka hanya dua kucing besar yang sedang bermalas-malasan di kendaraan kami.




Pinterest Tumblr

David Newton

David Newton menjelajah dan memotret semua genre fotografi.
Baca Selengkapnya

Bagaimana Anda memotret kehidupan liar sedemikian dekat?



Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.