#manusia

Perubahan Adalah Satu-satunya yang Tak Berubah

Seorang Biksu Kamboja Mengunjungi Kembali sebuah Kuil 45 Tahun Kemudian

Perubahan Adalah Satu-satunya yang Tak Berubah

Pos ini adalah contoh National Geographic Kike Calvo seri Mimpi-mimpi Dunia (Dreams of the World), yang menampilkan orang-orang menarik yang ditemui selama perjalanannya.

“Saat terakhir kali ke sini, saya masih muda. Mungkin sekitar 45 tahun yang lalu” kata biksu Buddha Tak Tak, 60 tahun, dengan perlahan ketika dia merenungkan semarak hening dini hari kuil Ta Prohm di Angkor, Kamboja. 

“Dulu ada lebih banyak pohon, tumbuhan lebih besar yang mengelilingi tembok kuno,” kata Tak Tak saat melihat relief-bas dan mengenang emosi saat pertama kali dia melihat kuil tersebut sebagai seorang samaner (śrāmaṇera) atau biksu baru.

Meski biaranya, Phras Ang Tep, berjarak kurang dari tiga mil dari Ta Prohm, ini adalah kunjungan keduanya ke kuil tersebut. “Kehidupan sehari-hari di biara seperti tentara dan aturan-aturannya harus dihormati. Saya keluar tapi hanya kadang-kadang,” kata Tak Tak merasa tak pasti, dan agak acuh, tentang kapan dia mungkin dapat melihat lagi situs Warisan Dunia Angkor lama abad delapan mengesankan yang berdiri dekat rumahnya.

Ketika sebanyak dua juta wisatawan setiap tahun melintasi bumi untuk melihat reruntuhan tersebut, para ilmuwan bekerja keras melindungi struktur dan para perampok mencoba keberuntungan mereka untuk mendapatkan sepotong benda keagamaan tersebut, Tak Tak mengetahui bahwa TA Prohm pasti akan terus berubah.

“Segala sesuatu terus berubah. Segalanya mengalir. Itulah doktrin keduniawian,” kata Tak Tak. “Mimpi saya adalah melihat lebih banyak biksu Buddha. Saya ingin menjadi ketua tradisi Pengikut Buddha Theravada untuk memandu generasi baru, mengajari mereka dan menginspirasi mereka untuk menghargai aturan-aturan Buddha.”




Pinterest Tumblr

Kike Calvo

Kike Calvo adalah fotografer pemenang penghargaan dan jurnalis, fotografer, dan penulis Spanyol dwibahasa.
Baca Selengkapnya

Apakah Anda telah mengunjungi lagi tempat masa kecil Anda? Bagaimana perubahannya?



Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.