#fauna

Harapan untuk Anak Orangutan Sebatang Kara

Cinta dan Penyelamatan di Kalimantan

Harapan untuk Anak Orangutan Sebatang Kara

Induk orangutan Kalimantan, Simona, bersama bayi angkat dan kandungnya di Kalimantan.

Salah satu tujuan dalam “daftar hidup” saya adalah memotret induk orangutan beserta anaknya di alam liar. Namun, pemandangan demikian sukar sekali dijumpai meskipun saya sudah berkali-kali ke Kalimantan untuk memotret alam liar selama bertahun-tahun. Jadi saya putuskan mencari tahu penyebabnya.

Saya berupaya mendapat akses eksklusif ke Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) [Yayasan Penyelamatan Orangutan Kalimantan] – Nyaru Menteng Orangutan Rehabilitation and Reintroduction Center [Pusat Rehabilitasi dan Reintroduksi Orangutan Nyaru Menteng] di Kalimantan. Di sana, saya memotret sekitar 600 lebih anak orangutan sebatang kara yang terpisah dari induknya saat masih kecil dan baru belajar tentang hidupnya. Tim khusus di BOSF menyelamatkan anak orangutan sebatang kara dari lingkaran perdagangan hewan ilegal dan kebakaran hutan dan menumbuhkan kembali harapan hidup mereka.

Seringkali saya merasa pedih saat memotret anak orangutan sebatang kara dari dekat — karena ulah sesama manusia-lah mereka kehilangan hutan sebagai rumah, kerabat, dan kebebasan hanya dalam semalam.

Tapi ada satu foto yang begitu menginspirasi saya — saat memotret seekor orangutan bernama Simona. Simona dilepasliarkan ke pulau setengah alam liar oleh BOSF Nyaru Menteng bertahun-tahun lalu dan berhasil melahirkan bayinya dan, di waktu yang sama, mengadopsi bayi lainnya dari induk orangutan yang belum matang dan menganggapnya anak sendiri.

Naluri keibuan Simona terpancar dalam potret ini karena ia tak hanya melindungi bayi kandungnya tapi juga bayi sesama induk orangutan untuk memastikan kelestarian spesies ini, meskipun Simona sendiri sempat sebatang kara karena kehilangan ibunya saat dulu masih bayi.

Memang benar kalau foto dapat menimbulkan rasa simpati dan mengadakan perubahan. Itu berlaku untuk saya sebagai fotografer alam liar, yang menginspirasi saya untuk terus melakukan perubahan positif meskipun kecil dengan setiap foto dan kisah yang saya ceritakan kepada dunia, untuk membantu kita semua lebih memahami dan mengenali dunia di sekitar kita.




Pinterest Tumblr

C.S. Ling

C.S. Ling memotret spesies terancam punah dan lanskap yang tergusur di kawasan Asia-Pasifik.
Baca Selengkapnya

C.S. Ling mengatakan kalau foto memiliki kekuatan untuk mengadakan perubahan. Bagaimana foto berpengaruh pada hidup Anda?



Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.