#olahraga

Pencahayaan Cemerlang, Atlet Kelas Dunia

Di balik Adegan Foto Aksi

Pencahayaan Cemerlang, Atlet Kelas Dunia

Semua foto dari Joâo Carlos

Di bulan Maret saya berkesempatan untuk memotret pemenang medali Olimpiade dari Portugis Francis Obikwelu dan teman baik saya serta atlet triathlon Bruno Brito.

Sayangnya Francis Obikwelu mengalami cedera sehingga dia tidak dapat berpartisipasi di Olimpiade Musim Panas London 2012. Sejenak setelah pertandingan berakhir, saya cukup beruntung mendapat waktu sepuluh menit penuh untuk memotretnya selama salah satu sesi pelatihan.

Penting untuk tetap menjaga subjek Anda senang dan memperlihatkan kepadanya hasil yang tampak menjamin mereka menikmati gambarnya dan merasa nyaman. 

Saat memotret atlet kelas dunia, seperti halnya figur publik atau selebriti yang lain, Anda biasanya hanya punya sedikit waktu untuk memotret. Logistik dalam pemotretan seperti ini hampir selalu rumit dan ini tidak ada bedanya.

Bekerja di lokasi juga tantangan tersendiri. Tidak ada cukup waktu. Tidak ada cukup ruang. Tidak ada cukup cahaya. Seolah menambah kerumitannya, saya mendapatkan konfirmasi untuk memotret semua atlet, tapi saya tidak punya wewenang dari semua lokasi. Saat akhirnya saya mengamankan lokasi yang sangat bagus, dua atlet tidak dapat difoto di sana, tapi dalam situasi apa pun Anda harus selalu fleksibel dan memiliki rencana B * dan rencana C*. Saya coba untuk bersiap atas segala hal namun, utamanya, saya harus fleksibel dan menyederhanakan urusan.

Untuk rencana cadangan, saya menggunakan dinding di sisi bangunan sebagai latar belakang saya. Saya suka tekstur dan warnanya; benar-benar yang saya inginkan bahkan sebelum saya tahu apa yang saya inginkan.

Cara saya menyederhanakan segala hal adalah dengan menyewa peralatan. Saya sudah mengenal dengan peralatannya sehingga rasanya seperti memiliki barang saya sendiri tanpa harus membawanya dalam perjalanan, yang menambah biaya perjalanan dan menjadikan alat cepat aus karena penggunaan. Jadi sedapat mungkin, saya menyewa.

Untuk pemotretan ini opsi saya cukup portabel: Saya menggunakan Profoto Pro-B3 1200 AirS dengan dua Pro Heads, satu head dengan Westcott 7' Silver Parabolik dan strobo Profoto Zoom Reflector. Saya memotret langsung ke kartu SanDisk CF Extreme Pro 64GB karena kartu ini super cepat dan amat sangat dapat diandalkan. Saya lebih suka memotret ke kartu CF langsung daripada tethering jika saya bisa karena dengan begini foto saya menjadi cepat dan memberi saya alur yang lebih baik dengan subjek saya.

Atlet triathlon Bruno Brito                       

Pengaturan pencahayaan

Brito, kali ini di jalurnya

Pengaturan lampu

Atlet Olimpiade Francis Obikwelu                      

Pengaturan lampu




Pinterest Tumblr

Joâo Carlos

Ekspresi artistik Joao Carlos mewujud dalam fotografinya yang indah.
Baca Selengkapnya

Atlet Olimpiade mana yang ingin Anda foto?



Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.