#fauna

Bersiaplah untuk Hal Tak Terduga

Saat-saat Berharga antara Ibu dan Bayinya

Bersiaplah untuk Hal Tak Terduga

Selama tugas di Serengeti di Tanzania, saya memotret sekelompok kuda nil berkumpul di sebuah kolam yang terbentuk sebagai hasil dari musim \"hujan panjang\" baru-baru ini . Ada lusinan kuda nil dari segala usia dan ukuran di daerah yang tidak lebih besar dari setengah dari lapangan sepak bola. Ada sedikit air mengalir masuk ke kolam renang alami ini, tetapi kuda nil tampaknya tidak keberatan dengan kondisi yang tampaknya tidak sehat.

Kuda nil jadi defensif, agresif dan tak terduga, jadi prioritas pertama saya adalah keselamatan. Saya menemukan tempat di pantai yang terlindungi granit tinggi, dan pemandu saya punya dua fungsi sebagai pengawas dan pengintai.

Wilayah yang saya liput luas, dengan kesempatan fotografi untuk mengambil gambar seluruh pemandangan, tepian pantai di kejauhan, serta aksi dari dekat. Saya menyiapkan 3 kamera Nikon, satu dengan lensa satu dengan 200 – 400 mm f4, dan yang terakhir lensa 70 – 200 mm f2.8. Matahari akan terbenam saat pemotretan, jadi saya harus memperhatikan kecepatan rana, apertur dan ISO saat kondisi berubah. Saya selalu mengaktifkan kamera, dalam mode pemotretan kontinu, dan memilih untuk memotret prioritas rana agar gambarnya tajam. Saya memegang lensa panjang di atas tripod lipat dengan bola kepala, dan duduk di atas bebatuan untuk lebih dekat dengan tingkat mata hewannya.

Saat sedang memotret dua kuda nil yang membuka mulut di depan saya, ujung mata saya menangkap kejadian di pinggir air di sebelah kiri.  Rupanya ada kuda nil betina ke luar air bersama bayinya. Pemandangan yang jarang sekali di alam karena ibu kuda nil sangat protektif dengan bayi-bayi mereka, jarang sekali membiarkan mereka ke luar dari air.

Untuk mengabadikan momen itu saya harus mengganti kamera yang saya gunakan, mengambil kamera kedua saya dengan pilihan lensa panjang, fokus, dan memotret. Saya hanya bisa memotret tiga foto sekuens cepat sebelum keduanya menghilang kembali ke dalam air keruh. Momen itu berlangsung kurang dari 20 detik. Siang itu saya pergi untuk memotret lebih banyak, terus berdoa selama itu, agar tidak mengacaukan foto sekali seumur hidup itu.

Ketika saya akhirnya dapat mengunduh dan merekam cadang gambar malam itu, saya senang sekali. Saya berhasil menangkap momen saat-saat berharga antara ibu dan anak siang itu. Setelah saya amati, saya perhatikan mata dan telinga bayi nyaris seukuran dengan ibunya, tapi butuh bertahun-tahun untuk bayi itu tumbuh memiliki ukuran dewasa.

Ini momen-momen yang kami nantikan dalam fotografi – satu gambar satu gambar yang menggambarkan emosi, perasaan, atau membawa kembali begitu banyak kenangan. Jadi, bersiaplah. Anda tidak mau ketinggalan terlalu banyak peluang ini!

Fotografer Tip

Pramuka dan fotografer dalam tugas punya satu kesamaan – bersiaplah!

Selama 44 tahun memegang kamera, saya bisa ingat pasti ratusan gambar yang seharusnya bisa aku potret, andai saja saya lebih bersiap-siap/ Ini pelajaran yang sulit sekali diterima, tapi itu yang akhirnya menjadikan kita fotografer lebih baik.

Mampu mengantisipasi tindakan dan memiliki peralatan yang tepat adalah langkah pertama untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan gambar sekali seumur hidup. Untuk fotografer satwa liar ini artinya memahami perilaku hewan juga lingkungan yang akan Anda temukan selama tugas. Pola meneliti seperti makan, kawin, bermain dan bermigrasi dapat membuat perbedaan penting antara mendapatkan gambar dan melewatkannya sama sekali. Adapun peralatan, memiliki lensa yang tepat pada berbagai kamera, baterai bermuatan dan banyak kartu memori adalah suatu keharusan. Ini sebuah aturan di alam bahwa peluang fotografi terbaik akan datang saat batere Anda habis atau kartu memori Anda penuh!




Pinterest Tumblr

Cesar Aristeiguieta

Cesar Aristeiguieta adalah fotografer ekspedisi dan periklanan pemenang penghargaan yang memotret keagungan manusia dan alam
Baca Selengkapnya

Apa peluang luar biasa Anda yang bisa diabadikan di kamera?



Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.