#wisata

Jepretan Foto Kebetulan

Momen menyenangkan dan Tak Terduga di Bhutan

Jepretan Foto Kebetulan

Foto saya yang berisi sekelompok calon biara muda yang riang gembira menuruni bukit di sekolah biara mereka di Thimphu, Bhutan telah meninggalkan tanda tak terhapuskan bagi saya.

Sepanjang yang saya ingat, saya bermimpi untuk berkunjung ke Bhutan. Pada awal 2008 saya cukup beruntung akhirnya dapat pergi ke Kerajaan Himalaya yang penuh teka-teki. Bhutan tidak mengecewakan: Tempat itu adalah perpaduan spektakuler pedesaan berbatu yang menakjubkan, arsitektur penuh warna yang usianya berabad-abad, dan orang-orang yang ramah serta bersahabat. Cahaya alaminya lembut keemasan, dan pemandangannya menakjubkan. Saya merasa takjub dengan keindahan yang saya jumpai setiap hari di Bhutan.

Teman saya dan rekan kreatif, pembuat film Mike Rogers, dan saya menghabiskan beberapa jam di siang hari untuk mendokumentasikan kegiatan rutin calon biara di Sekolah Biara Dechen Phodrang. Kami menangkap suasana para anak laki-laki ini sedang melantunkan puji-pujian, bermeditasi, belajar, bahkan mencukur kepalanya. Hari kemudian, saat kami sedang berkemas untuk pergi, sang kepala sekolah menyarankan kami untuk menunggu beberapa menit; kami akan melihat 400 anak muda kelaparan yang berlarian keluar dari sekolah saat bel makan malam berdentang. Dia menyarankan agar kami menunggu di sepanjang setapak yang kotor antara sekolah dan aula makan, saat anak-anak itu akan berlarian langsung ke arah kami menuju tempat makan.

Namun yang cukup mengejutkan kami, sekelompok kecil anak-anak memutuskan untuk mengambil rute yang jauh lebih sulit untuk makan malam, menyusuri lereng berumput yang curam tepat di sebelah kiri kami. Saya dengan cepat berbalik, mengarahkan lensa saya ke mereka dan memotret beberapa jepretan dengan cepat saat anak-anak muda tersebut menyusuri bukit dan berlari kencang ke bawah, mengelilingi, dan melewati kami. Foto-foto ini adalah hasil dari momen waktu dan tempat yang tepat; foto ini memang sudah bagus dengan sendirinya.

Sekelompok calon biara muda yang dengan gembira menyusuri bukit menuju tempat makan.

Salah satu gambar di seri ini diterbitkan di Majalah National Geographic (Desember 2008). Gambar ini menangkap momen spontanitas, kebebasan, dan kegembiraan, yang menginspirasi hubungan emosional antara yang melihat dan subjeknya. Saya — hingga saat ini — amat merasa terhormat memiliki foto yang disajikan di halaman publikasi ikonik ini, dengan menandai momen paling membanggakan bagi saya dan prestasi pribadi terbesar dalam karier fotografi saya.

Pembuat film dokumenter, Mike Rogers, melihat gambarnya saat para calon biara muda itu merapat untuk melihat dari dekat.

Dan ini catatan tambahan untuk kisah ini: Salah satu jepretan berikut yang saya ambil setelah foto ini adalah Mike, dikelilingi oleh segerombolan calon biara muda yang baru saja berlari cepat menyusuri bukit, saat mereka dengan penuh perhatian menonton rekaman mereka sendiri di layar kamera video langsung. Gambar ini kemudian diterbitkan oleh The New York Times. Memang, dewa fotografi sedang tersenyum kepada kami sore itu.

Calon biara membilas rambut mereka setelah dicukur di luar dzong (biara).




Pinterest Tumblr

Scott A. Woodward

Gaya fotografi naratif unik Scott A. Woodward mengabadikan emosi nyata dan menyampaikan kisah dalam satu bingkai.
Baca Selengkapnya

Kapan Anda berada di tempat yang tepat dan waktu yang tepat untuk sebuah foto sekali seumur hidup?



Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.