#wisata

Ponsel Pintar, Foto Menakjubkan

Bagaimana Menggunakan Ponsel Anda untuk Membuat Foto Keren

Ponsel Pintar, Foto Menakjubkan

Fotografi ponsel telah menjadi gerakan yang populer. Dari San Francisco hingga Shanghai, fotografer amatir dan profesional sekaligus telah bereksperimen dengan berbagai teknik pemotretan dan penyuntingan di ponsel mereka, mendapati mereka dapat meraih hasil yang setara dan terkadang lebih kreatif daripada kamera mereka yang berat.

Baru beberapa tahun saja sejak saya beralih ke ponsel saya, dan hidup saya sebagai pelancong berubah drastis. Sebagai “fauxtographer” yang bersemangat, demikian saya menyebutnya, saya yakin gambar yang diambil dan disunting di ponsel dan tablet dapat sangat menghemat uang fotografer profesional dengan peralatan dan perangkat lunak mahal. Kesempatan memotret seringkali spontan dan tak terduga, yang mengapa dapat memotret cepat dengan ponsel Anda daripada kamera murni terkadang opsi lebih baik, terutama saat bepergian. Itu hobi sempurna untuk pelancong saat transit.

Meskipun mayoritas prinsip fotografi tradisional (komposisi, aturan tiga bagian, dsb) juga berlaku pada fotografi ponsel, ada sedikit perbedaan karena tambahan keserbagunaan portabilitas dan opsi penyuntingan instan. Berikut beberapa kiat yang perlu diingat saat memotret dan menyunting dengan ponsel atau tablet Anda.

1. Jadilah kreatif dan temukan gaya Anda

Aturan paling penting untuk fotografi ponsel adalah tak ada aturan — jadi bersikaplah kreatif dan bersenang-senanglah. Anda mungkin terkesima dengan kemampuan Anda yang pesat dan mudahnya mengembangkan gaya pemotretan/penyuntingan pribadi Anda sendiri seiring waktu.

Praha, Republik Ceko, Februari 2012

Paris, Prancis, Mei 2012

Saya senang menjadikan foto saya lebih berwarna dan terlihat fantasi dan diberi tahu gampang dikenali saat sudah jadi.

2. Belilah aplikasi lengkap

Ada banyak aplikasi foto gratis yang siap diunduh, tapi lebih baik membeli aplikasi yang Anda memberi Anda kontrol lebih banyak saat memotret dan memiliki banyak pilihan saat menyunting. Snapseed dan Procamera adalah dua aplikasi yang selalu saya gunakan.

Perast, Montenegro, Juni 2013

Perast, Montenegro, Juni 2013

Kedua foto ini dan satu yang di atas disunting dengan Snapseed.

3. Sabar dan berlatih akan meningkatkan Anda

Seperti juga hal lainnya, menguasai fotografi ponsel butuh waktu dan latihan. Ini soal mencoba dan salah saat menemukan aplikasi yang Anda paling suka dan belajar cara menggunakannya. Butuh waktu untuk mengenali aplikasi dan kamera ponsel Anda dan kondisi mana yang menghasilkan hasil terbaik, jadi luangkan banyak waktu dan berlatih, berlatih, berlatih.

The Sounds show in Malmo, Sweden, January 2012

Pemotretan nonstop hingga saya dapat foto ini, dan tahu filter mana di aplikasi PictureShow paling cocok dengan pemotretan remang-remang, sehingga dihasilkan salah satu foto konser favorit saya.

### 4. Bereksperimen dan menyunting dengan beberapa aplikasi

Makin sering Anda mencoba berbagai aplikasi, makin tak sabar Anda memotret dengan filter dan gaya tertentu Anda dan mempelajari efek mana yang dapat Anda padukan dari setiap filter dan gaya untuk hasil terlihat lebih asli.

Istanbul, Turki, Oktober 2011

Saya menggunakan PictureShow dulu lalu Snapseed untuk warna dan drama di foto ini.

5. Gunakan fitur kamera bawaan

Dengan begitu banyak aplikasi tersedia untuk penyuntingan dan pemotretan, seringkali fungsi bawaan yang keren malah diabaikan di kamera bawaan perangkat Anda. Ponsel saya, misalnya, dapat memotret dalam HDR, memainkan fokus dan exposure, memotong, menghapus 'red eye' dan mengambil mode panorama.

Bohinj, Slovenia, Mei 2013

Memotret dengan fitur panorama di ponsel saya.

6. Sunting untuk sempurnakan

Meskipun memotret dengan cermat dapat selalu menonjol, menjadi kreatif dengan efek dapat sangat meningkatkan aura foto dan membedakannya dari foto lainnya jika itu tentang bangunan atau pemandangan yang sering difoto. Tapi jangan lupa — foto jelek tetaplah jelek meskipun diberi ribuan filter keren.

Turku, Finland, April 2013

Kembali, PictureShow dan Snapseed digunakan bersamaan untuk menciptakan pemandangan lebih dramatis di Turku Castle.

7. Manfaatkan lingkungan dan elemen

Kolam, terbenamnya matahari, bayangan dan ombak semuanya dapat menjadi objek fantastis jika dipotret dari sudut yang tepat di waktu yang tepat. Salju, es dan hujan pun dapat menambahkan karakter ke foto, apakah memotret secara detail atau bermain dengan bayangan dari jalanan yang basah, misalnya.

Hujan di Dusseldorf, Jerman, Desember 2012

Malibu, California, Februari 2013

Pantulan di Bratislava, Slovakia, Februari 2012

8. Tunjukkan perspektif berbeda

Sejenak menjauh dari kebiasaan bidik Anda dan coba memotret dari bawah atau atas untuk memberi bidikan Anda perspektif yang jauh berbeda.]

Di atas Danau Saimaa yang membeku di kawasan Lakeland, Finlandia, April 2013.

Saya sejatinya tiarap di tanah untuk mendapat foto es yang berkilauan ini.

9. Ingat, ketepatan waktu itu penting

Salah satu indahnya memotret dengan ponsel adalah ukurannya yang pas di genggaman Anda kapan saja. Momen ideal terkadang hanya sebentar, lalu kesempatannya pun buyar. Pastikan ponsel Anda selalu dibawa, dan pastikan tangkas dalam mengaktifkan mode kamera.

Anak-anak bermain di Laguna Beach, California, Juni 2013.

Itu foto yang beruntung yang saya dapat karena pas sedang pegang ponsel dan melihat mereka di bawah sinar matahari sepersekian detik.

10. Sampaikan cerita dan rekam emosi

Foto yang bagus membuat penikmatnya berpikir atau merasakan sesuatu. Sekali lagi di sini memotret dengan perangkat ponsel secara mudah, karena tersembunyi dan tidak terlihat oleh objek bidikan Anda. Menyunting dengan aplikasi foto juga dapat mengubah suasana hati dan membolehkan Anda menularkan emosi Anda kepada mereka.

Orang tua di kedai susu Warsawa, Polandia, Juli 2012

Berjemur matahari di Budva, Montenegro, Juni 2013

Kedua foto tersebut berbicara dengan saya — kesenduan orang tua dan bermalas-malasan di pantai menguar sekaligus.

 




Pinterest Tumblr

Larissa Olenicoff

Larissa Olenicoff adalah pecandu perjalanan dan fotografer ponsel dengan minat pada Eropa. Blog wisatanya, The Blonde Gypsy, adalah kumpulan tips perjalanan yang menarik dan petualangan tak terduga yang berupaya menginspirasi wisata dunia dengan memberikan pengantar menuju budaya dan lanskap tujuan wisata.
Baca Selengkapnya

Apa foto ponsel terbaik yang pernah Anda ambil?



Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.