#olahraga

Tacos, Tequila & Banditos

Petualangan Tanpa Henti di Meksiko

Tacos, Tequila & Banditos

Saya selalu siap berpetualang. Saya sudah pernah ke tempat-tempat edan di seluruh dunia sepanjang karier fotografi saya. Saya pernah ditawan pemberontak Zapatista di belantara hutan Meksiko saat memotret ekspedisi perahu kayak, lengkap dengan pedang machete enam kaki setajam silet dan akhirnya harus menyuap mereka $1000 tunai sebelum membebaskan saya. jadi, saat saya ditelepon pendayung kayak profesional, Joel Kowalski, tentang pergi ke Michoacán, Meksiko, saya sedikit ragu hanya bercerita di permukaan saja.

Joel merencanakan petualangan ini selama bertahun-tahun, dan dia mendata beberapa atlet termasuk pendayung kayak Red Bull: Rafa Ortiz dan Dane Jackson. Perjalanan ini terasa keren dan belum ada sekelompok pendayung kayak pernah menjelajahi wilayah ini, maka saya pesan tiket dan terbang ke Meksiko bersama saudara sekaligus asisten saya, David.

Michoacán bukanlah Meksiko nan indah seperti taman bunga. Saat kami tiba, para warga terus bertanya untuk apa ke Michoacán. Turis tidak begitu sering berkunjung ke wilayah Meksiko ini - terutama karena adanya perang kartel narkoba bertahun-tahun, yang memakan korban jiwa. Tapi kami tidak akan berperang; kami hanya ingin temukan air terjun besar yang belum pernah dikunjungi.

Hari pertama pemotretan kami menuju ngarai bersuhu 95+ derajat ke air terjun setinggi 40 kaki di Rio Hoyo del Aire dan bertemu para pendayung kayak untuk melakukan terjun pertama mereka di sungai yang tak terpetakan.

Untungnya semua berlangsung lancar. Kerisauan utama dalam ekspedisi kayak ini adalah jika ada yang terluka, sangat sulit mengeluarkan mereka dari ngarai untuk diobati.

Saat pulang, kami menikmati tacos yang dijual di pinggir jalan dekat kota sambil minum bir dan tequila demi merayakan kesuksesan kami di hari itu. Total yang harus kami bayar hanya $23 untuk 10 orang kelaparan yang lahap menyantap tacos.

Karena di awal perjalanan lancar, kami putuskan menjelajahi air terjun lainnya esok hari yang berjarak beberapa jam dari markas kami di Uruapan.

Setelah berkendara dan jalan kaki seharian, air terjun berhasil ditemukan, sayangnya berujung di bebatuan. Karena lelah dan lapar, kami putuskan berhenti untuk cari makanan di kota kecil sebelum pulang ke markas kami di Uruapan.

Saya rasa seandainya tidak begitu kelelahan, kami dapat bergegas dan lebih cepat sampai di jalan raya dan segera berkendara. Saat malam tiba di Meksiko, berkendara menjadi sulit dan kabur. Sekitar sejam berkendara kami mendapati jalan diblokir beserta tentara Meksiko menenteng senjata M-16 (tentara pemerintah bisa sama korupnya dengan pengedar narkotika di daerah tertentu) jadi kami semua dalam bahaya. Untungnya pemandu kami berhasil meyakinkan tentara itu dan setelah pemeriksaan singkat kendaraan kami diperbolehkan jalan. Sekitar 20 menit kemudian ada lagi pemblokiran jalan dan dalam kegelapan muncul pria bertopeng menenteng senjata otomatis AK-47. Mereka mengelilingi kendaraan dan berteriak kepada kami dalam bahasa Spanyol agar jangan bergerak. Sesaat ini terasa seperti kemungkinan terburuk dan minimal kami akan dirampok. Diculik lantas dijadikan budak pekerja sudah biasa di banyak daerah di Meksiko belakangan ini.

Setelah BEGITU lama terasa ternyata mereka itu sebenarnya anggota pam swakarsa yang mencari pengedar narkotika yang menyelundupkan narkoba. Akhirnya mereka membolehkan kami pergi. Kami telat sekali tiba di markas Uruapan dan langsung terlelap.

Saat pulang ke AS naik pesawat, saya bayangkan andai kami tinggal beberapa hari lagi di sana maka kemujuran tak berpihak pada kami.

Meksiko selalu menjadi petualangan, tapi perjalanan kali ini memberi kami foto air tejun spektakuler yang belum pernah dijelajahi dengan kayak.




Pinterest Tumblr

Lucas Gilman

Lucas Gilman mengabadikan olahraga aksi di seluruh dunia dari sisi ekstremnya.
Baca Selengkapnya

Pernah terjebak dalam situasi saat Anda bersyukur dewi fortuna masih menaungi Anda?



Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.