#wisata

Perjalanan Seumur Hidup

Potret Perjalanan dalam 8 Tahap Kehidupan

Perjalanan Seumur Hidup

Sebagian besar orang dewasa memiliki pandangan klise tentang anak-anak sebagai semacam hambatan dalam perjalanan. Mereka menggambarkan bayi menangis di pesawat, anak-anak yang merengek, “apa kita sudah sampai?” dll.

Orang-orang ini sebenarnya justru sebaliknya. Bukan hanya soal anak-anak tetapi juga tentang apa itu perjalanan. Mereka tidak benar-benar mengupayakan perjalanan tetapi berlibur dari kenyataan.

Sebetulnya anak-anak secara alami merupakan pelancong yang lebih baik dari orang dewasa. Mereka memiliki kemampuan untuk menetap di mana saja mereka berada — tanda terbaik dari seorang pelancong yang berada dalam aliran tersebut — kemampuan sebagian besar orang dewasa seperti kita telah hilang, atau butuh berselancar es, kayak, kelas yoga atau \"destinasi-destinasi\" yang baru untuk bersemangat kembali. 

Sebagaimana Anda lihat pada setiap potret-potret ini, pertimbangkan bagaimana momen yang kita alami sebagai pelancong — baik sebelum dan sesudah memiliki anak — semuanya memiliki kemungkinan untuk hebat. Mereka membantu membuat sesuai sehingga satu hari — lama dan perlahan — kita akhirnya akan kembali ke tingkat perjalanan yang kita alami saat masih anak-anak, saat tidak ada pemisah antara tanah lapang dan imajinasi kita.

1. Sebagai anak-anak: Anda melihat potensi yang orang lain tak bisa lihat

Kredit foto: Marcus Hansson

Jika perjalanan adalah tindakan mewujudkan rasa keingintahuan seseorang tentang suatu tempat, maka tak ada seorang pun yang melakukan perjalanan seperti anak-anak. Tak peduli ke mana Anda akan pergi untuk menyingkap setiap kemungkinan untuk bermain, bereksplorasi, dan menguasai segala hal. Sedangkan orang dewasa hanya melihat bukit dan meja piknik sebagai hal yang paling berguna bagi mereka, seorang anak mampu menciptakan seluruh dunia dan bermain dengan lanskap yang sederhana. Inilah mengapa anak-anak dapat menguasai bahasa dengan cepat sementara orang dewasa begitu bersusah payah: Mereka cukup melesap di mana saja mereka berada dan apa pun kondisi yang ada. 

2. Sebagai remaja: Perjalanan solo pertama Anda membentuk identitas Anda

Kredit foto: Marlon Dias

Bagi sebagian kita mengikuti kemah musim panas, perjalanan sendiri pertama kali, membongkar bawaan kita, mengatur tempat tidur dengan anak-anak lain seusia kita. Bagi yang lain, mungkin seminggu di luar negeri dalam perjalanan darmawisata siswa. Apa pun bentuknya, remaja adalah periode kita menghabiskan waktu di luar rumah kita, mencari tahu jati diri kita, dan kembali.

3. Sebagai mahasiswa: Anda mencari komunitas

Kredit foto: Garry Knight

Baik program semester di luar negeri, mengambil kesenjangan tahun (gap year), atau bekerja selepas SMA dan, melakukan perjalanan, kali ini adalah tentang hubungan, menemukan orang lain untuk berbagi dengan kita onda. Bagi sebagian kita, ini bisa jadi waktu untuk bertemu dengan mitra jangka panjang kita pada akhirnya.

4. Sebagai pengantin baru: Anda masuk kembali ke dunia cinta bagai seorang anak

Kredit foto: Bruce Guenter

Atau bukan. Semua tergantung pada hubungan tersebut dan bagaimana melanjutkannya. Namun dengan kondisi yang tepat (katakanlah berkemah 4 minggu/perjalanan darat dari Buenos Aires ke bagian selatan Brasil) perjalanan ini akan terasa seolah-olah tindakan pernikahan yang sangat dewasa ini semacam kembali ke rasa tak bersalah pada segala hal di sekitar Anda.

5. Sebagai orang tua muda: Anda memperlakukan segalanya dengan lebih keras bahkan dari yang pernah Anda bayangkan

Kredit foto: Cia de Foto

Ini bukan tentang popok atau menangis atau kursi mobil atau pergi keluar mencari makanan atau mencari arah di bandara atau apa pun yang Anda pikirkan. Ini adalah hal-hal trivia. Yang repotnya adalah Anda ingin anak Anda mengalami itu semua. Anda ingin mereka berkemah bersama Anda, bersepeda, berselancar, berbicara tiga bahasa lebih baik dibandingkan yang Anda bisa. Dan kesimpulannya adalah waktu — bukan waktu mereka, tapi waktu Anda. Seberapa banyak yang waktu Anda berikan, mitra Anda? Bagaimana Anda dapat mengatur hidup Anda sehingga Anda berdua masih terus menjadi pelancong?

6. Sebagai orang tua muda yang melakukan perjalanan sendirian: Anda mulai menyadari berapa banyak ruang yang Anda ciptakan

Kredit foto: Estitxu Carton

Beberapa momen paling asing sebagai seorang pelancong adalah saat Anda meninggalkan rumah — untuk perjalanan bisnis, untuk bertemu teman-teman, apa pun itu — tepat setelah Anda menjadi orang tua. Seringkali ada rasa kepedihan, kerentanan, introspeksi yang baru. Anda sadar dalam pengertian yang paling konkret bahwa orang-orang mengandalkan Anda, dan risiko yang mungkin Anda ambil terlalu dini tampak menjadi versi diri Anda yang lain yang Anda tidak rindukan.

7.  Saat anak-anak Anda tumbuh:  Anda menghidupkan kembali perjalanan-perjalanan Anda

Kredit foto: David S. Miller

Semua hal tentang yang pertama — pertama kali ke pantai, pertama kali berkemah, pertama kali melihat berbagai binatang — momen-momen ini hampir terlihat lebih baik pada kesempatan kedua ini.

8. Saat Anda semakin tua

Kredit foto: Alberto P. Veiga

Saya tidak terlalu yakin. Sama masih dalam tahap \"pertumbuhan anak-anak\".  Yang telah saya amati, terutama dalam komunitas berselancar dan bersepeda tempat masih ada \"senior\" yang cukup sehat dan mampu bertahan di dunia tersebut, perjalanan itu mungkin yang terbaik dari semuanya saat Anda tua. Tidak ada lagi yang tersisa untuk dibuktikan. Dan ada penghargaan untuk setiap gerakan kecil. Tentu saja dikatakan, tidak ada jaminan, dan jika ada pengurangan dari tulisan ini, seharusnya: Lakukan perjalanan sekarang. Keluarlah bersama keluarga Anda, sendiri, tua atau muda. Anda tidak akan bisa mengembalikan waktu.




Pinterest Tumblr

David Miller

David Miller adalah Editor Senior Matador (pemenang penghargaan Lowell Thomas tahun 2010 dan 2011 untuk jurnalisme wisata) dan Kepala Kurikulum di MatadorU.
Baca Selengkapnya

Potret apa yang menggambarkan tahap perjalanan Anda saat ini?



Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.