#alam bebas

Kiat dan Trik

Jangan Sampai Kamera Anda Bergoyang

Tripod tidaklah wajib bagi mayoritas fotografi. Satu-satunya alasan menggunakan tripod di siang hari bolong adalah saat Anda ingin menggunakan kecepatan rana panjang untuk membuat efek tertentu, seperti menggunakan filter ND untuk memburamkan air terjun. Namun, saat Anda memotret di waktu malam, penting agar kamera Anda disangga tanpa harus menyentuhnya.

1. Waspadai Guncangan

Kamera Anda sudah dilindungi dari guncangan dengan tripod, 'kan? Tidak juga. Bahkan menekan tombol rana saja sudah cukup mengguncang sensor sehingga menghasilkan efek buram yang tidak diinginkan. Hindari ini dengan menggunakan remote control nirkabel yang murah. Tak ada remote control? Lihat di buku manual, apakah kamera Anda memiliki self-timer dua detik.

2. Tripod Mengokohkan Kamera, Bukan Objek Bidikan

Terkadang, seperti memotret lalu-lintas bergerak, Anda ingin pergerakan menjadi kabur di kamera Anda. Tapi benda bergerak lainnya—orang-orang atau bahkan benda yang bergerak lebih pelan akan terlihat memudar di hasil akhir. Jika objek bidikan pilihan Anda adalah orang, pastikan mereka tetap diam hingga gambar diambil.

3. Tetap Perhatikan

Tripod Anda mungkin sekokoh batu, tapi tetap saja bisa tergelincir, terutama jika kameranya diperbagus sementara tripodnya tidak. Ketukan dari arah yang tepat dapat menjatuhkannya. Jika ragu, kalungkan tali pengikat kamera di leher Anda sebagai pengaman.

Kate Siobhan

Kate Siobhan adalah penulis dan fotografer yang tinggal di Vancouver, ia juga menjadi editor kontributor di Matador dan mengajar kelas fotografi di MatadorU.
Baca Selengkapnya

Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.