#alam bebas

Kiat dan Trik

Belajar Mengambil Foto Orang Terbaik

Memotret orang di ruang publik mengharuskan paduan keahlian teknis dan kemampuan mengarahkan orang asing agar bergaya. Mengasah sisi teknis akan membantu Anda memaksimalkan kesempatan Anda. Saat Anda membuat keputusan tersebut dengan percaya diri, sambil jalan, kesempatan Anda membidik wajah-wajah tak terlupakan itu jauh meningkat.

1. Lakukan komposisi dengan cermat

Bayangkan empat gridline berjajar rapi di viewfinder Anda. Dua garis terletak horizontal, dua lagi vertikal. Dengan menempatkan obyek kunci di foto Anda pada perpotongan garis-garis tersebut, Anda dapat memandu mata pemirsa dan membuat mereka tetap tertarik pada foto Anda, meskipun objek bidikan tidak langsung menatap kamera.

2. Pilih panjang fokus Anda

Atur lensa Anda ke pengaturan bebas-distorsi—mis. 35mm—lalu komposisikan gambar yang ingin Anda ambil dengan metode umum berupa gerakan maju hingga frame penuh. Mencoba sesuaikan komposisi dengan memutar cincin zoom lensa Anda bukanlah cara terbaik untuk mengomposisikan bidikan! Jangan gunakan lensa sudut lebar—itu akan mendistorsi objek bidikan.

3. Pilih kedalaman bidang Anda dengan cermat

Atur kecepatan aperture dan shutter Anda agar tidak perlu memikirkan lagi soal menyesuaikan dial kamera Anda saat mengomposisikan bidikan terbaik Anda. Contohnya, memotret pada ISO 100, dengan aperture f/8 menghasilkan kecepatan shutter 1/50. f/8 memastikan keseimbangan antara dua objek bidikan atau lebih; sedikit menyingkirkan latar belakang dari fokus mengarahkan perhatian ke objek bidikan Anda. Jika cahaya tidak berubah, jangan atur ulang exposure Anda di antara bidikan.

Kate Siobhan

Kate Siobhan adalah penulis dan fotografer yang tinggal di Vancouver, ia juga menjadi editor kontributor di Matador dan mengajar kelas fotografi di MatadorU.
Baca Selengkapnya

Bagikan Cerita Anda Instagram

Gunakan hashtag #sandiskstories untuk mendapatkan kesempatan dijadikan unggulan.

Daftarkan diri untuk penawaran spesial!

Dapatkan penawaran khusus dan kiat fotografi dari SanDisk.